Example floating
Example floating
Example 728x250
palu

Rasio Elektrifikasi dan desa berlistrik gemilang di Sulteng

77
×

Rasio Elektrifikasi dan desa berlistrik gemilang di Sulteng

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Palu – Tabenews.com – Kondisi kelistrikan di wilayah hukum kerja Gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi tengah hingga April 2023, cukup gemilang. Alias terang benderang. 

Dari data dan sumber Yang diperoleh Jurnalis media ini, *Rasio Elektrifikasi (RE)*
Jumlah Rumah tangga (rt) 818.954.
RE PLN 98,37%
RE Total 99,58 % sementara itu, jumlah 
*Rasio Desa Berlistrik (RD)*
Jumlah desa 2017
RD PLN 93,85% (1893)
RD Non PLN 6,15% (124)
RD Total 100%. Cukup mengagumkan kinerja capainnya. Semua itu tercapai adanya kerjasama Stacholder antar Lembaga, institusi tehnis yang berperan aktif memajukan Sulawesi Tengah. 

Hal tersebut diungkap tangan dingin sang manajer  UP2K Sulawesi Tengah Rahmatan ST, belum lama ini di kota palu. 

“Ya. Semua ini dicapai adanya peran aktif, kerja semua Stacholder disemua wilayah Sulawesi Tengah. Ujarnya. 

Hampir semua wilayah telah kami lakukan turun gunung bahkan naik Gunung pun datangi melihat dekat kondisi listrik didesa desa yang masih tertinggal dan belum terlistriki. Ungkapnya. 

” Wilayah Sulawesi Tengah, masih butuh sentuhan Ratio Elektrikal, guna menumbuhkan ekonomi hajat hidup orang banyak. Apalagi yang tinggal di pulau dan di gunung-gunung. Harapnya. 

Dan Diproyeksikan untuk tahun 2023 ini, hampir 100-an titik tersebar di Sulawesi Tengah, perencanaan pembangunan jaringan kelistrikan untuk lebih memajukan dan meningkatkan usaha ekonomi masyarakat terpencil dan terdampak bencana gempa beberapa tahun lalu. Jelasnya. 

“Ya. Niatan kami murni, meningkatkan ekonomi hayat orang banyak, di Sulawesi Tengah. Ujar Rahmatan, mantan kepala distribusi dan pelayanan pada PLN wilayah Kalimantan Timur, itu. Yang menjabat sebagai Manajer UP2K Sulawesi Tengah. 

Diakhir pembicaraan terkait majunya rasio elektrikal di Sulawesi Tengah, keterbukaan di era digitalisasi khususnya dalam publikasi kelistrikan adalah momentum kebangkitan kebersamaan semua Stacholder. Baik pemerintah, pihak pengiat energi terbarukan listrik adalah modal membangun Sulawesi Tengah, untuk lebih maju dan tangguh. Ucap sang manager bertangan dingin dan kepala dingin, yang memiliki  semangat tinggi membangun dan meningkatkan ekonomi wong cilik di sulteng ini. Tutupnya dengan merendah diri. *(Mardison)*
Example 120x600