Example floating
Example floating
Example 728x250
nasional

Program Paskibraka untuk membentuk Kaderisan Calon Pemimpin Bangsa

52
×

Program Paskibraka untuk membentuk Kaderisan Calon Pemimpin Bangsa

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Jakarta, Tabenews.com–Stap Ahli Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura , M.Si, Bersama Kepala Kesbangpol Dr. Fahrudin Yambas, M.Si , Mengikuti Rakor (Pasukam Pengibar Bendera Pusaka ) Paskibraka, Balai Sidang Convention Center Jakarta, Jumat , 10 February 2023.

Sumber Berita dari Stap Ahli Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura, M.Si.
Rakor Tentang Pasukan Pengibar Bendara Pusaka ( Paskibraka), dilaksanakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022, tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka , (Paskibraka), dan peraturan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022.

Acara tersebut di Buka Kepala Badan Pengendalian Idiologi Pancasila , Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D , menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan Merujuk pada Pasal 4 Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022, Yudian memaparkan terdapat enam point mengenai program Paskibraka yakni.- Pembentukan Paskibraka, mulai dari rekrutmen dan seleksi, pemusatan Diklat Paskibraka hingga pengukuhan paskibraka;

– Pelaksanaan Tugas Paskibraka, yaitu pada Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus, Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni, dan penugasan lainnya yang diberikan oleh Pemerintah;

– Pengangkatan Purnapaskibraka Duta Pancasila;

– Pelaksanaan Tugas Purnapaskibraka Duta Pancasila;
– Pembinaan Lanjutan kepada Purnapaskibraka Duta Pancasila; dan

– Pembinaan terhadap Aktivitas Kepaskibrakaan dan Purnapaskibraka.

Serupa dengan Yudian, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Mayor Jenderal TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya, menyebut program Paskibraka merupakan salah satu upaya untuk membentuk kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila.

Salah satu caranya dengan mengelola bonus demografi penduduk Indonesia saat ini, menjadi kekuatan bangsa di masa mendatang.

“Kualitas pembinaan generasi muda saat ini akan menentukan kualitas dari pemimpin Indonesia masa depan. Para pelajar yang sekarang duduk di tingkat sekolah atas dan sederajat yang menjadi input pembentukan Paskibraka, pada tahun 2045 akan berada pada usia yang mapan untuk menduduki berbagai peran kepemimpinan di Indonesia,”

*Biro Administrasi Pimpinan*
Example 120x600