Example floating
Example floating
Example 728x250
daerah

MOH BESAR BANTILAN UMKM MAJU, PULIHKAN PEREKONOMIAN INDONESIA

63
×

MOH BESAR BANTILAN UMKM MAJU, PULIHKAN PEREKONOMIAN INDONESIA

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Baolan, TABEnews.com
Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan membuka kegiatan Handicrafts Expo yang diadakan  Gabungan Organisasi Wanita) GOW) Tolitoli di Gor Mokkondogan Tolitoli, Sabtu 30 Juli 2022.
Kegiatan tersebut diadakan dari tanggal 30 Juli 2022 sampai dengan 6 Agustus 2022. Hadir pembukaan Raja Gaukan ke-17 Tolitoli, H Moh Saleh Bantilan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tolitoli, Kepala Dinas Pariwisata Tolitoli, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Perindustrian Tolitoli, Kepala Dinas Perdagangan Tolitoli, Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tolitoli.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita GOW Kabupaten Tolitoli Caroline Moh. Besar Pangalila mengatakan di tengah merosotnya ekonomi dunia akibat pandemi Covid 19 yang berkepanjangan serta terjadinya gejolak perang antar Negara memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap seluruh daerah di Indonesia termasuk kita yang berada di Kabupaten Tolitoli.
Betapa tidak gejolak tersebut memukul telak perekonomian kita tingkat kemiskinan semakin tinggi. Pengangguran dimana mana. Bahkan banyak pelaku UMKM yang terpaksa gulung tikar akibat minimnya pendapatan usaha yang diterima.
Disisi lain Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir dampak yg berkepanjangan dari situasi yg serba sulit ini yang salah satunya melalui Program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional). 

Disamping program PEN, diperlukan juga upaya lain yg salah satunya adalah bagaimana agar produk lokal kita bisa ikut berkontribusi sehingga bisa menjaga ketahanan ekonomi daerah. 
Karena itu, kami dari GOW Kabupaten Tolitoli berkolaborasi dengan Dekranasda, beberapa OPD terkait berinisiatif untuk ikut mengambil bagian dengan memberikan tempat dan wadah dalam bentuk event bagi masyarakat khususnya para pelaku UMKM, Industri dan Ekonomi Kreatif di Tolitoli, sehingga dapat memperkenalkan, menjual dan memasarkan produk produknya baik kepada masyarakat, perusahaan maupun kepada para pelaku usaha lainnya.

 Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan mengatakan saya atas nama Pemerintah Daerah   Kabupaten Tolitoli menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas upaya dan prakarsa dari gabungan organisasi wanita Kabupaten Tolitoli serta panitia  pelaksana yang telah mendukung upaya Pemerintah dalam memajukan perekonomian daerah  dengan melibatkan para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Tolitoli.
Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk mulai mencintai produk-produk dalam negeri khususnya yang ada di Kabupaten Tolitoli utamanya produk-produk kerajinan. Karena ini akan memajukan para pengrajin kita, serta memajukan UMKM kita.
Selanjutnya, sektor ekonomi di daerah kita sempat mengalami kemandekan akibat pandemi, bahkan sektor usaha mikro kecil dan menengah juga merasakan keterpurukan itu. 

Oleh karena itu di tahun 2022 ini Pemerintah Daerah mengupayakan agar pertumbuhan ekonomi kita kembali normal, salah satunya dengan mendorong pengembangan industri kreatif, sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan dan memberikan pemberdayaan yang berkualitas kepada masyarakat. Sehingga UMKM sebagai motor ekonomi masyarakat, diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan dan pemulihan ekonomi daerah kita.bap/sy

Example 120x600