Example floating
Example floating
Example 728x250
banggai

Catatan sepekan Porprov IX Sulawesi Tengah

59
×

Catatan sepekan Porprov IX Sulawesi Tengah

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Luwuk, Tabenews. com — Usai sudah pelaksanaan pekan olahraga Provinsi (Porprov) IX Sulawesi Tengah yang digelar di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai. 
Pekan olahraga raga empat tahun itu dihelat dari tanggal 10-17 Desember 2022. Dibuka Wagub Ma’mun Amin dan semalam ditutup Gubernur Rusdi Mastura AIFO-P. 
Sebanyak 3.000 an atlet dari 13 kabupaten kota, yang berlaga di 25 venue dan catatan membuktikan kemajuan daerah dalam menyiapkan atlet. 
Sedikit banyak prestasi, persaingan tehnik dan kemampuan atlet baik diasah secara lokalan maupun diasah di tingkat nasional telah mereka pertontonkan. 
Dari cabor balap motor dan sepak bola yang mengawali porprov dan diakhir panjat tebing telah usai dengan 1036 medali (313 emas, 307 Perak dan 416 Perunggu) Keping medali. 
Dalam perolehan medali patut dicatat, dominasi kota Palu di Porprov, kali ini tergeser ke posisi dia setelah tuan rumah Banggai menjadi tuan rumah. 
Berikut daftar perolehan medali:

Catatan ini membuktikan suatu kebangkitan olahraga di daerah dimana, seperti Kabupaten Morowali yang mampu memperbaiki peringkatnya ke posisi 4 dengan raihan medali emas 45, perak 37 dan perunggu 36.
Bukan hanya persaingan dalam pengumpulan medali, tampak juga kabupaten kota dalam merekrut atlet. 
Rotasi atlet dari satu daerah ke daerah lain pun terjadi. Bahkan atlet. Dari luar Sulteng juga terlihat tampil di beberapa Cabor. 
Hampir semua berjalan sesuai rencana, meski protes dan insiden kecil tetap terjadi, misal di cabor tinju, Bola. Voli dan lainnya. 
Dan terakhir, olahraga ini menjadi hiburan sekaligus ladang ekonomi bagi masyarakat. 
Roda ekonomi bergulir begitu signifikan efek dari pelaksanaan pekan olahraga ini. 
Buat panitia, dengan usaha yang maksimal kesalahan sedikit bisa menodai pekan olahraga yang efektif sebagai tempat untuk bersilaturahmi. 
Pemilihan atau penempatan para juri pun juga bisa mencederai event ini bila salah tidak dengan sikap netral yang tinggi ditegakkan dalam memimpin lomba maupun  pertandingan. 
Silang pendapat dan persepsi di tubuh KONI terutama bidding tuan rumah porprov berikut juga menjadi catatan dalam pekan olahraga ini. 
Maksimalnya tuan rumah dalam menyiapkan venue juga tak kalah penting penyiapan pemondokan terutama yang ditempatkan di rumah rumah warga. 
Akhirnya, sayora bumi Babasal, Banggai sambatu PAKAROSO. sy/red
Example 120x600