Example floating
Example floating
Example 728x250
nasional

*Berdaya Tahan Tinggi, UMKM Diharap Jadi Benteng Ekonomi Sulteng*

50
×

*Berdaya Tahan Tinggi, UMKM Diharap Jadi Benteng Ekonomi Sulteng*

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Palu, Tabenews.com
UMKM adalah sektor yang menjanjikan antara lain karena daya tahannya yang tinggi dan tidak mudah terpengaruh resesi.

“Olehnya kebijakan (Pemerintah Provinsi Sulteng) ke depan melindungi UMKM dan harapan Saya dinas terkait memberi pendampingan, dorongan dan fasilitasi supaya mereka lebih baik lagi,” kata Wagub Drs. H. Ma’mun Amir menginginkan UMKM jadi benteng ekonomi daerah.

Termasuk mendorong pelaku UMKM supaya proaktif memanfaatkan fasilitas KUR dalam rangka pemulihan dan percepatan ekonomi daerah.  

Pesan ini disampaikan saat membuka Gebyar UMKM dan launching new PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Tahun 2022 bertempat di Jalan Soekarno-Hatta, Jum’at (19/8).

Di awal acara, terlebih dulu Beliau menyampaikan apresiasi dan salam hormat dari Gubernur Rusdy Mastura atas pelaksanaan kegiatan tersebut dalam rangka mengisi peringatan Hari Koperasi ke-75 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 Tahun 2022.

Pada momen yang sama, Wagub mewakili Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pengabdian Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Sulteng Eda Nur Ely, SE yang akan purnabakti per 1 September 2022.

“Terima kasih Bu Kadis, di akhir pengabdiannya Ibu sukses menyelenggarakan acara ini (Gebyar UMKM dan Launching New PLUT),” pujinya mengapresiasi.

Sebagai layanan one stop service, Wagub Ma’mun Amir berpesan supaya operator PLUT bersikap ramah dan bersahabat kepada pelaku usaha, menginformasikan PLUT supaya termanfaatkan dan menjaga aset yang ada dengan sebaik-baiknya.

“Jangan hanya hari ini berkegiatan (dan) bersosialisasi, besok sudah hilang begitu saja,” ungkapnya menambahkan.

Sementara Kadis Koperasi Eda Nur Ely dalam laporannya mengatakan bahwa new PLUT merupakan layanan berbasis konsultasi ke pelaku UMKM yang diharap mampu mencetak lebih banyak UMKM, meningkatkan omset UMKM dan mewujudkan UMKM mandiri yang go digital.

Selain itu, Ia laporkan bahwa dalam acara ini dilaksanakan MoU antara Dinas Koperasi dengan sejumlah badan usaha, instansi vertikal dan OPD teknis.

Disusul penyerahan sertifikat halal dari Kanwil Kementerian Agama, penyerahan perangko prisma dari PT Pos, bantuan mesin pengolah coklat dari BAZNAS dan penandatangan komitmen bersama memajukan UMKM Sulteng.

Selanjutnya prosesi pengguntingan pita oleh wagub menjadi penanda launching new PLUT dan pembukaan gebyar UMKM, lalu dilanjut kunjungan ke stan-stan UMKM.

Produk-produk UMKM yang dilihat wagub dan rombongan antara lain kerajinan tangan dan perabotan rumah tangga, cemilan, minuman herbal seperti teh kecup (kelor celup) dan lain-lain.

*(Ro Adm Pimpinan Setdaprov Sulteng)*
Example 120x600