Example floating
Example floating
Example 728x250
Uncategorized

4 Siswa Buol Wakili Sulteng di Pra Popnas “Ini Luar Biasa”

55
×

4 Siswa Buol Wakili Sulteng di Pra Popnas “Ini Luar Biasa”

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Palu TABEnews.com – Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2022 resmi dibuka Gubernur Sulteng Rusdy Mastura bertempat di Auditorium Gelora Bumi Kaktus (GBK), Selasa (8/11/2022) pukul 09.10 wita pagi tadi.
Pra Popnas yang dipusatkan pelaksanaannya di kota Palu merupakan wilayah 5 terdiri dari Provinsi Sulteng sebagai tuan rumah dan proponsi lainnya sebagai peserta di antaranya Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo, Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara.
Pelaksanaan Pra Popnas diikuti oleh para atlet pelajar pilihan masing-masing sekolah mewakili Provinsi masing-masing selama 6 hari mulai dari 8 sampai dengan Minggu 13 November 2022 yang tersebar di beberapa venue masing cabang olahraga (Cabor).

Adapun cabor yang perlombakan diantaranya, Tenis, Bulutangks, Bola Volly, Pencak silat, Sepak Takraw, Bola Basket dan Tinju.
Kadis Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Buol DR Tonang Malongi, MA kepada Tabenews.com, mengatakan Pra POPNAS jadi ajang pembibitan Atlet muda daerah menuju Pentas Olahraga Nasional dan Internasional.
Kadisporapar juga menjelaskan bahwa Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2022 Zona V yang digelar pada tanggal 8-13 November 2022 memiliki peran penting menjadi ajang seleksi atau proses pembibitan atlet muda baik untuk daerah dan Indonesi
Kadisporapar Tonang yang sekaligus mewakili Bupati Buol pada saat pembukaan Prapopnas di GBK Palu melanjutkan bahwa, Pra Popnas per zona wilayah ini atau yang dulu lebih dikenal dengan Popwil ini sebagai ajang pembibitan yang tepat untuk kesiapan para atlet.
Pra Popnas per zona ini menurut kami sangat tepat sebagai filter untuk menuju POPNAS yang akan dilaksanakan tahun depan di Sumatera Selatan. Dari Pra POPNAS ini akan tersaring potensi atlet-atlet muda yang ada di daerah. Dan kita juga bisa tahu masing-masing daerah ini memiliki keungggulan di cabor apa,” kata Dr.Tonang.S.Pd.MA usai mengikuti permbukaan Prapopnas di GBK Kelurahan Pantekolore, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu Sulawei Tengah. Selasa, (8/11/22)

Lebih lanjuy Dr.Tonang, MA menjelaskan POPNAS ini nantinya pula akan menjadi ajang penyaringan atlet untuk Asean Schools Games dan Youth Olympic. Oleh karena itu ajang ini benar-benar dijadikan para atlet untuk menunjukkan performa terbaiknya dalam setiap pertandingan.
Pra POPNAS sendiri akan dibagi lima zona; Zona 1 akan dilaksanakan di Jakarta, Zona 2 di Lampung, Zona 3 Kalimantan Selatan, Zona 4 Kalimantan Timur (9-16 September), dan Zona 5 Sulawesi Tengah.
Untuk Zona 5 yang sedang berlangsung saat ini dikuti oleh 7 provinsi yakni, Sulteng,Sulut, Gorontalo, Papua, Papua Barat, Maluku, maluku Utara. Sementara cabang olahraga yang dipertandingkan yakni, Tinju, bola voli, pencak silat, bola basket, sepak takraw, sepakbola, tenis (beregu), dan bulutangkis (beregu).
Sementara itu Kepala Bidng (Kabid) Keolahragaan Disporapar Buol Jufri Bakri, S. Sos menambahkan, sangat mengapresiasi kegiatan Pra Popnas ini, terutama keterlibatan Disporapar Buol untuk turus hadir pelaksanaan kegiatan ini.
Pada prinsipnya kami dari Disporapar sangat mendukung dan mensuport penuh para atlet siswa-siswi Buol yang mewakili Sulteng dalam ajang nasional ini, ajang ini merupakan sarana menciptakan bibit-bibit baru khususnya di Buol. Kita suport dan dukung penuh, ” Kata Bakri.
Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa prestasi atlet siswa dari Buol mewakili Sulteng perlu di apresiasi dan didorong, agar semangat mereka sebagai pemenang akan bangkit.” Tutupnya.
Untuk diketahui 4 atlet siswa siswi dari Kabupaten Buol mewakili Sulteng diantaranya :
1. Muh Naufal M Salim (Sepak Bola dari SMK 1 Biau)
2. Hanif H Mokodompit (sma 1 Bunobogu) Bola kaki
3. Jufri A Husain ( Takraw)
4 Isti Qomariah (Pencak Silat?)
Peliputan : Redaksi
Example 120x600