Example floating
Example floating
Example 728x250
Uncategorized

Mewakili Kasat Pol PP Kab Buol, Kabid Tibum Heris N. Kadir SE dan Kabid Perda Samsul, SH Hadiri HUT Ke-73 Satpol PP dan HUT Ke-61 Satlinmas Serta HUT Ke-104 Damkar Tingkat Sulawesi Tengah.

47
×

Mewakili Kasat Pol PP Kab Buol, Kabid Tibum Heris N. Kadir SE dan Kabid Perda Samsul, SH Hadiri HUT Ke-73 Satpol PP dan HUT Ke-61 Satlinmas Serta HUT Ke-104 Damkar Tingkat Sulawesi Tengah.

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Palu, Tabenews.com – Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Buol hadir dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan HUT ke-104 Pemadam Kebakaran (Damkar) tingkat Sulawesi Tengah digelar di Alun-alun Rujab Bupati, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali. Kontingen Satpol.PP Kabupaten Buol dipimpin oleh Kabid Tibum Heris N Kadir SE dan Kabid Perda Samsul SH sekaligus mewakili Kasat.
Hadir pada upacara tersebut, Bupati Morowali Drs. Taslim, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para Asisten/Staf Ahli dan Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Morowali, Kasatpol-PP Provinsi Sulteng Drs. Mohammad Nizam, SH, para bupati/walikota yang sempat hadir, personel Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar Kabupaten/Kota Se-Sulteng, serta TNI-Polri di Kabupaten Morowali.

Kegiatan itu mengusung tema “Mewujudkan Wilayah Tertib Dan Ramah Investasi Melalui Satuan Polisi Pamong Praja Dan Satuan Perlindungan Masyarakat Yang Profesional Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Tangguh, Rakyat Tumbuh, Indonesia Maju Terwujudnya Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera Dan Lebih Maju Melalui Peran Satpol PP, Satlinmas Dan Damkar Dalam Menyelenggarakan Ketertiban Umum Di Daerah”.
Dalam sambutan tertulis Gubernur Rusdy Mastura yang dibacakan Kasatpol-PP Provinsi Sulteng menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Provinsi mengucapkan selamat Ulang Tahun ke-73 Satpol PP, dan ke-61 Satlinmas, serta HUT ke-104 Pemadam Kebakaran. 
“Saya juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas dukungan Kabupaten Morowali selaku tuan rumah dalam perayaan HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Tahun 2023,” ujarnya membacakan sambutan Gubernur Sulteng saat menjadi Inspektur Upacara.

Rusdy juga menambahkan, momentum peringatan HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar tahun ini diharapkan dapat berdampak positif, kelancaran serta kesuksesan dalam melaksanakan tugas untuk pelayanan masyarakat yang lebih baik sesuai koridor Undang-undang dan aturan lainnya.
Selain itu, dalam rangka menghadapi Pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024 serta pertumbuhan ekonomi, maka pemerintah daerah dituntut untuk memastikan terciptanya kondisi yang aman, lancar, tertib, tentram, guna mewujudkan sesuai dengan tema HUT tahun ini.
“Saya minta kepada bupati/walikota agar memerintahkan jajaran Satpol PP, Satlinmas dan Damkar untuk terus berkoordinasi dan bersinergi guna menangkal berbagai potensi bencana, kerawanan yang bisa terjadi di masyarakat. Ditambah lagi keputusan pelaku usaha untuk melakukan investasi di kabupaten/kota yang tidak hanya ditentukan oleh parameter-parameter ekonomi saja, akan tetapi faktor-faktor keamanan dan kelancaran serta ketentraman juga ikut berpengaruh,” pesan Rusdy.
Gubernur juga menyampaikan, dalam rangka memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), sehingga diharapkan kepada bupati ataupun walikota agar dapat mempercepat pembentukan Dinas Damkar dan Penyelamatan Mandiri, khususnya bagi kabupaten yang belum memiliki dinas pada struktur pemerintahnya. 
Kemudian memberikan prioritas anggaran kepada Dinas Damkar dan Penyelamatan maupun perangkat daerah yang membidanginya serta untuk Satpol PP, dalam rangka penguatan tugas-tugas dasar yang diberikan.
“Selanjutnya juga, melakukan percepatan pembentukan relawan pemadam kebakaran dari atas sampai ke level pemerintahan di bawah. Serta melakukan tugas penguatan kapasitas SDM petugas Damkar, Satpol PP dan Satlinmas secara berkelanjutan, termasuk memberi perhatian status kepegawaian baik aparatur yang berstatus honorer, agar dapat ditingkatkan kesejahteraanya sesuai koridor Undang-undang ASN,” tuturnya menutupkan
Adapun rangkaian acara peringatan HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar diakhiri dengan penyerahan bendera Pataka oleh Bupati Morowali kepada perwakilan Gubernur Sulteng, yang selanjutnya diserahkan kepada Bupati Banggai selaku tuan rumah perayaan HUT untuk tahun berikutnya.
Kasat Pol PP Kab buol dalam keteranganya menyampaikan bahwa Kegiatan HUT kali ini merupakan kegiatan yang penuh perjuangan bagi kontingan praja kabupaten buol, hal ini dikarenakan kondisi jarak antar kabupaten yang terbilang jauh serta akses jalan yang harus terhalang oleh banjir dan longsor. Tapi hal tersebut tidak mengurangi semangat dan rasa korsa sesama anggota satpol PP Sulawesi Tengah.
” Sesuai laporan kabid saya dilapangan luar biasa perjuangan ketemu banjir, ketemu longsor sampai harus bermalam.semalam di salah satu desa menunggu air surut , namun semangat dan korsa mereka bisa mengalahkan halangan dan rintangan selama perjalanan dan sampai ke buol lagi, terima kasih pada rekan Kabid yang mewakili saya dan juga selurun anggota satpol yang hadir di HUT morowali mewakili Kabupaten Buol tetap semangat Praja ” tutupnya
Redaksi
Example 120x600