Example floating
Example floating
Example 728x250
Uncategorized

Kades Baturata Mustalib Lagante Pimpin Rapat Pembahasan Rancangan APBDesa Tahun 2023

57
×

Kades Baturata Mustalib Lagante Pimpin Rapat Pembahasan Rancangan APBDesa Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Buol, Tabenews.com – Pemerintah Desa Baturata mengadakan musyawarah Desa tentang Pembahasan Rancangan APBDesa Tahun 2023, bertempat di BPau Desa Baturata. Rabu (21/12/2022).
Musyawarah di hadiri oleh Kades Baturata Mustalib Lagante, Sekertaris Desa Baturata Moh Farolan S. Karim, Ketua BPD Baturata Tamrin Dauda, Pendamping Desa Baturata Ibu Hariati Taid, Aparat Pemerintah Desa, kepala-kepala Sekolah yang ada di Desa Baturata, serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Perlu diketahui Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) adalah dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa.
Tujuan dan maksud RKP Desa

Terwujudnya perencanaan tahunan Desa dalam upaya terwujudnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa.

Tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera.
Menurut Kades Baturata Mustalib Lagante “APBDesa adalah singkatan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa merupakan peraturan desa yang memuat sumber-sumber penerimaan dan alokasi pengeluaran desa dalam kurun waktu satu tahun.

“APBDesa terdiri dari Pendapatan Desa, Belanja Desa dan Pembiayaan Desa. Rancangan APBDesa dibahas dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa. Kepala Desa atau Perbekel bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menetapkan APBDesa setiap tahun dengan Peraturan Desa”. Tutur Kades Mustalib Lagante.
“APBDes Tahun Anggaran 2023 disusun sesuai dengan prioritas kegiatan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Desa tentang RKPDesa Tahun 2023 serta berdasarkan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku”. Ungkap Mustalib Lagante
Setelah melalui serangkaian dari Pembahasan dalam acara Musyawarah Desa (Musdes) tersebut semua peserta Musdes menyepakati Penetapan Rancangan Perubahan APBDesa Petang Tahun Anggaran 2023. Untuk memenuhi ketentuan dimaksud sebagaimana telah dibahas dalam musdes, dan terdapat beberapa kegiatan yang ditunda penganggaran dan pelaksanaannya di tahun 2023. Tutup Kades Mustalib Lagante.
Redaksi : Iswadi
Example 120x600