Example floating
Example floating
Example 728x250
daerah

Halal Bihalal Tiga Pilar Bangun Sinergitas TNI/Polri dan Pemda

40
×

Halal Bihalal Tiga Pilar Bangun Sinergitas TNI/Polri dan Pemda

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Tolitoli, TABE– Suasana penuh kehangatan juga sangat terasa saat digelarnya halal bihalal dalam rangka hari raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023.Masehi yang berlangsung diwilayah Kabupaten Tolitoli, Jumat ,(05/05/2023).
Momen silaturahmi tersebut juga dimanfaatkan Tiga Pilar yang ada di Kabupaten Tolitoli untuk saling mempererat koordinasi dan sinergitas, terutama dalam menjaga kondusifitas di Kabupaten Tolitoli. 

Sebelum digelar acara halal bihalal, TNI/Polri Kabupaten Tolitoli juga mengelar apel gelar pasukan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya dalam sambutanya pertama Tama menyampaikan Pertama tama mengajak kita semua untuk senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Karena atas limpahan dan rahmat serta hidayah-nya kepada kita semua dapat berkumpul dalam acara Halal Bihalal 1444 Hijriah tahun 2023 Masehi Pemerintah daerah kabupaten Tolitoli bersama unsur TNI/Polri. Shalawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada Junjungan Nabi Besar Muhammad SWT yang telah mewariskan dinul Islam kepada kita semua.

Acara ini kata Amran Hi Yahya merupakan momentum yang sangat baik untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan rasa kebersamaan  diantara kita. Silaturahmi ini bukan hanya sebagai acara seremonial semata, namun hakikat penting di dalamnya yaitu saling mengenal dan saling mempererat  persaudaraan dengan menerima semua keberagaman serta perbedaan untuk membangun persatuan dan kesatuan sebagai wujud syukur atas rahmat Allah SWT yang dilimpahkan kepada kita semua.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keakraban TNI Polri di Kabupaten Tolitoli sekaligus merupakan salah satu momen yang tepat dalam membangun kebersamaan dan solidaritas sesama lembaga negara dalam menjaga keutuhan NKRI khususnya di wilayah kabupaten Tolitoli,” Kata Amran Hi Yahya.

Lanjut Putra kelahiran Dampal itu menyampaikan bahwa kita semua memiliki tanggung jawab bersama dalam mewujudkan kedamaian dan kerukunan di daerah ini.

“Saya tegaskan bahwa pemerintah tidak akan mampu mewujudkan keamanan kerukunan dan kesejahteraan sendirian Itu semua hanya dapat diwujudkan jika semua pihak terlibat secara aktif dalam mengambil peran strategis sesuai tanggung jawabnya masing-masing dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat,” imbuhnya.

Lebih dalam Orang nomor satu di kabupaten Tolitoli itu menyampaikan atas nama pemerintah daerah dirinya meminta personil Polri dan TNI menerapkan pengawasan bertingkat terhadap potensi kejahatan khususnya kepada Bintara Pembina desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas).

“Babinsa dan Bhabinkamtibmas merupakan aparat negara paling bawah serta yang bersentuhan langsung masyakarat yang paling potensi dalam pelanggaran hukum. Kewaspadaan mereka berpengaruh besar pada berbagai tindak pidana dan merekalah yang pertama dan sering mendapatkan informasi berkaitan dengan kejahatan dan keamanan, kalau cara mereka mendengar benar maka kejadian yang tidak diinginkan bisa langsung dicegah,” Jelasnya.

“Saya juga mau apresiasi kepada prajurit candi Polri yang tetap menjaga solidaritas hingga saat ini diharapkan agar Jangan mudah beroperasi dan termakan isu yang merugikan institusi harus bekerja sama dalam menjaga Kamtibmas dan membantu mendukung program pemerintah daerah serta TNI Polri dalam menjalankan tugas di kabupaten Tolitoli sangat baik dan patut dipertahankan serta ditingkatkan,” tambahnya.

lanjut Lagi, melalui acara halal bihalal ini Bupati Tolitoli mengajak kita bersama-sama berpartisipasi aktif dalam upaya menciptakan kondisi wilayah yang aman, damai dan tentram untuk menjamin kelancaran roda pemerintahan dan kehidupan masyarakat “karena stabilitas wilayah yang merupakan modal utama untuk membangun daerah,” pungkas Bupati.

Sementara Itu, Dandim 1305/BT Letkol Inf Lawdewick Brucelee Karthnie, S.Sos yang di konfirmasi awak media  mengatakan, kegiatan halal Bihalal ini menjadi momentum dalam membangun sinergitas TNI-Polri, dan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk menjamin stabilitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Tolitoli.

“Intinya manusia itu hidup saling berdampingan sebagai mahluk sosial, terutama TNI/Polri sudah terbentuk dan terdidik berbagai macam hal. untuk itu, hari ini dengan adanya pengabungan sinergitas TNI/Polri mengingatkan diri saya pribadi juga prajurit maupun kepolisian untuk melaksanakan perintah pimpinan komandan kami diatas masing masing mulai dari Panglima TNI, kepala Staf masing masing, dan Kapolri, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana,” kata Lawdewick Brucelee Karthnie.

Lebih jauh ia menjelaskan tidak hanya pada pucuk pimpinan saja, tapi kegiatan Halal Bihalal Tiga pilar yang dilaksanakan ini bisa mengajar sampai ketingkat bawah.

“Tadi sudah saya tegaskan mulai dari Babinsa, Babinkamtibmas, tentara Maritim kesemuanya merupakan ujung tombak di tiap tiap masing wilayah (Desa Binaan),” Pungkas Letkol Inf Lawdewick Brucelee Karthnie.
Example 120x600