Example floating
Example floating
Example 728x250
Uncategorized

Bupati Buol Drs. Moh Muchlis MM Buka Sosialisasi Dan Bintek Bela Pengadaan Melalui Kerbel Kerjasama Pemda Buol dan LKPP-RI Serta Kreasi Binar Indonesia

48
×

Bupati Buol Drs. Moh Muchlis MM Buka Sosialisasi Dan Bintek Bela Pengadaan Melalui Kerbel Kerjasama Pemda Buol dan LKPP-RI Serta Kreasi Binar Indonesia

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Buol, Tabenews.com – Bupati Buol Drs M. Muchlis, MM membuka kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Bela Pengadaan Melalui Keranjang Belanja (KERBEL) di aula lantai 2 kantor Bupati Buol. Selasa (06/12/2022).
Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek ini terselenggara atas kerja sama Pemda Buol dengan LKPP-RI dan Kreasi Binar Indonesia.
Dalam Laporannya Kabag PBJ Setda Kab. Buol Zainal, ST menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini antara lain adalah :
1. Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres No 16 tahun
2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
2. Inpres Nomor 2 Tahun 2022, tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk
Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam rangka
menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan
Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
3.Surat Edaran Bersama Mendagri dan Kepala LKPP RI Nomor 027/1022/SJ dan Nomor 1
Tahun 2022, tentang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pengadaan
Barang/Jasa di Lingkungan Pemerintah Daerah.
4. Surat Edaran Kepala LKPP RI Nomor 6 Tahun 2022 tentang Percepatan Belanja Produk
Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi melalui Katalog
Elektronik Lokal Pemerintah Daerah.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan tambahan wawasan kepada pelaku Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.pada Pemerintah Kabupaten Buol atas Bela Pengadaan, Belanja Daring dan e-Katalog Lokal, serta untuk membina Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam melaksanakan transaksi elektronik, baik melalui katalog local maupun toko daring.
Peserta kegiatan ini terdiri dari pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (/KPA), PPK, PPTK, serta Pejabat Pengadaan se-Kabupaten Buol, Penyedia (usaha mikro, usaha kecil dan koperasi). Sedangkan Narasumber atau Pemateri berasal dari Kreasi Binar Indonesia merupakan mitra dari LKPP-RI.
Bupati Buol Drs. Moh Muchlis MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Bela Pengadaan bagi PA, KPA, PPK dan PPTK merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil Dan Koperasi, Serta Mendukung Program.
Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kreasi Binar Indonesia selaku mitra LKPP-RI yang berkenan memberikan pendampingan dan Bimbingan teknis dalam penerapan transaksi eletronik baik itu Bela Pengadaan, Toko Daring maupun e-Katalog local, harapannya dengan kegiatan ini akan menjadi moment terbukanya dunia usaha di Kabupaten Buol khususnya usaha mikro, usaha kecil dan koperasi untuk membuka kemitraan kepada Vendor atau penyedia jasa layanan transaksi elektronik bela pengadaan dalam melakukan penjualan atau pembelian melalui media informasi digital.

Banyak keuntungan dan kemudahan yang dapat dinikmati Penyedia dengan bertransaksi melalui e-katalog local misalnya dapat memangkas biaya administrasi dan biaya lain yang biasanya dikeluarkan jika bertransaksi secara konvensional atau manual.
Dan kepada PA, KPA, PPK dan PPTK serta pejabat pengadaan lainnya pada tahun anggaran 2023 nanti agar lebih mengoptimalkan pembelanjaan melalui Toko Daring, e-katalog local, dan transaksi elektronik lainnya pada pelaksanaan program kegiatan pada masing-masing DPA OPD.
Sebagai referensi dalam e-katalog lokal pada saat ini telah memiliki rekanan yang terdaftar pada LPSE Kabupaten Buol sebanyak 35 penyedia dan telah menayangkan produk pada etalase e-katalog lokal sebanyak 15 penyedia.

Kegiatan pembukaan Sosialisasi dan Bimtek Bela Pengadaan ditutup dengan penyerahan Souvenir dan Plakat dari Tim Kerbel kepada Bapak Pj Bupati Buol dan Foto Bersama.
Nampak hadir pada oegiatan tersebut Kabag Pengadaan Barang Dan Jasa Setda Kab Buol Agus Zainal, SE MT, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buol, Para Staf Ahli , Pimpinan OPD Se -Kabupatan Buol , Para Camat Se -Kabupaten Buol, dan Lurah Se -Kecamatan Biau , PPK dan PPTK.
Redaksi
Example 120x600