Example floating
Example floating
Example 728x250
Uncategorized

AMBISI POLITIK ATAU PENGABDIAN KEPADA BANGSA ?

59
×

AMBISI POLITIK ATAU PENGABDIAN KEPADA BANGSA ?

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Oleh Mochtar Marhum 
Kevin Rudd, pernah dua kali jadi Perdana Mentri Australia yang ke 26 pertama tahun 2007 sampai 2010 dan yang kedua bulan Juni 2013- September 2013. 
Tahun ini beliau ditunjuk oleh Perdana Mentri Australia yang baru Anthony Albanese untuk menduduki post diplomatik penting di negeri Paman Sam mulai awal tahun depan 2023. 
Politisi senior kelahiran Nambo Queensland Utara Australia 21 September 1957 ini fasih berbahasa Mandarin. Beliau alumni Sastra China dari Australian National University (ANU) Canberra. 
Saat ini Kevin Rudd sebagai ketua Partai Buruh Australia. 
Bulan Agustus tahun 2018 ketika menghadiri Seminar Internasioal (International Conference on Social Science and Humanity Research) di kota Manila Filipina, saya sempat terkejut melihat Baliho dan foster mantan Presiden Filipina ke 13, Josep Estrada yang akan mencalonkan diri menjadi Walikota Manila. Foster dan Baliho Joseph Estrada banyak terpasang di beberapa ruas jalan dan tertempel di sejumlah transport publik yang lalu 
Josep Estrada, politisi kawakan yang kini berusia 87 tahun, mantan Bintang Film Filipina pernah menjadi Presiden Wakil Presiden tahun 1992 sampai tahun 1998 dan kemudian menjadi Presiden Filipina tahun 1998 sampai tahun 2001. 
Setelah menjabat sebagai Wakil Presiden dan Presiden Filipina, Joseph Estrada ikut kontestasi sebagai walikota Manila dan terpilih tapi sayangnya tahun 2021 beliau dilengserkan (Impeached). Tercatat dalam sejarah pertama di Asia seorang mantan Presiden yang menjadi walikota yang dilengserkan (impeachment) oleh Parlemen. 
Yang jadi pertanyaan mendasar apakah Kevin Rudd yang mantan Perdana Mentri Australia ke 26 dan Joseph Estrada  mantan Presiden Filipina ke13 keduanya terindikasi rakus jabatan (Power Greed) ?. 
Namun, kedua perlu diketahui bahwa ternyata mereka juga punya alasan dan argumentasin politik yang logis dan dapat dipercaya oleh rakyat Australia dan Filipina. 
Mereka dengan tegas mengatakan bahwa mereka hanya ingin mengabdikan dirinya untuk kepentingan bangsa.
Redaksi
Example 120x600