Example floating
Example floating
Example 728x250
morowali

Kecamatan Bahodopi Bersatu Demi Keamanan dan Harmoni Masyarakat, KMKB : Dukung Polri Menegakkan Hukum

62
×

Kecamatan Bahodopi Bersatu Demi Keamanan dan Harmoni Masyarakat, KMKB : Dukung Polri Menegakkan Hukum

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bahodopi, TABENEWS. com–Ketua Kerukunan Masyarakat Kecamatan Bahodopi (KMKB) sekaligus Ketua Gankso, Yopi Sabara, mengajak seluruh warga untuk tidak mudah terprovokasi dan mendukung Polri dalam menegakkan hukum di wilayah ini. Keamanan, kedamaian, dan kondusifitas wilayah menjadi prioritas utama bagi semua orang dan merupakan tanggung jawab bersama kita.

Belakangan ini, Bahodopi diguncang oleh sebuah tragedi pembunuhan yang mengguncang hati kita semua. 

KMKB dan Tim Pencegahan Konflik Sosial Kecamatan Bahodopi dengan tulus berbelasungkawa atas kehilangan saudari terkasih, Agnes Retni Anggarini, yang menjadi korban aksi keji tersebut. 

“Kami secara tegas mengutuk tindakan pembunuhan yang tidak berperikemanusiaan ini,” ungkap Ketua Kerukunan Masyarakat Kecamatan Bahodopi (KMKB) sekaligus Ketua Gankso, Yopi Sabara, kepada wartawan media ini, Jumat, 2 Juni 2023.

Sebagai bentuk penghormatan terakhir, Ketua KMKB dan Tim Pencegahan Konflik Sosial turut hadir dalam prosesi ibadah perkabunan dan pelapasan jenazah Agnes Retni Anggarini yang dilangsungkan untuk memulangkan beliau ke Makale Toraja. 

“Kehadiran kami di sana adalah sebagai wujud solidaritas dan dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan serta menghormati proses berduka yang sedang dijalani,” ungkapnya lagi.

Namun, kata dia, selama beberapa hari terakhir, Kecamatan Bahodopi menjadi saksi aksi-aksi yang mengancam keamanan dan ketertiban wilayah. 

Dia mengatakan aksi ribut-ribut, konvoi liar, dan bahkan pembakaran rumah di tempat kejadian perkara telah menyebabkan kecemasan di tengah masyarakat. Tindakan semacam ini memiliki potensi untuk memicu konflik horizontal dan merusak harmoni yang telah kita bina selama ini.

“Oleh karena itu, kami mengimbau pihak kepolisian untuk bertindak tegas dan mengusut tuntas serta menangkap pelaku provokator agar aksi-aksi yang merugikan ini tidak terulang kembali. Tindakan keras terhadap oknum yang sengaja menciptakan keributan dan onar di wilayah ini adalah langkah yang penting untuk menjaga keamanan dan keutuhan Negara Republik Indonesia,” terangnya.

Selain itu, dia berharap pihak kepolisian dan semua pihak terkait lebih mengedepankan tindakan preventif dalam menangani situasi ini. Dengan langkah-langkah yang proaktif, potensi konflik yang lebih besar dan meluas di masa depan dapat dicegah dengan efektif.

Di sisi lain, dia juga mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Bahodopi dan Morowali untuk menahan diri dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang sedang berkembang. 

“Kehidupan yang rukun dan harmonis dapat terwujud jika kita saling menghormati budaya dan adat istiadat setempat. Mari kita menjaga Bahodopi sebagai wilayah yang damai dan menjadi rumah bersama bagi kita semua,” terangnya lagi.

Menurutnya, dengan semangat saling menghargai dan harmonisasi dalam kehidupan masyarakat, kita dapat membangun Bahodopi yang lebih baik dan memberikan contoh bagi daerah-daerah lainnya. Mari kita bergandengan tangan untuk menjaga keamanan, kedamaian, dan harmoni di Kecamatan Bahodopi. (Adiet Mulia)
Example 120x600