Example floating
Example floating
Example 728x250
Uncategorized

Bupati Buol Minta Saran Konstruktif dan Jaring Aspirasi Dari Stakeholder

58
×

Bupati Buol Minta Saran Konstruktif dan Jaring Aspirasi Dari Stakeholder

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Buol, Tabenews.com – Bupati Buol, Drs. M. Muchlis, MM membuka secara resmi kegiatan Forum Konsultasi Publik tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan program kegiatan tahun 2024. Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Bupati Buol, Kamis (9/3/2023)
Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik ini dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan, meminta masukan dan saran yang konstruktif kepada seluruh lapisan masyarakat serta unsur kelembagaan, sehingga mampu mengakomodir kebutuhan daerah dan masyarakat.
Selanjutnya, dalam rangka menunjang penyusunan perencanaan pembangunan daerah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, maka dibutuhkan data perencanaan yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. “Saya mengingatkan kembali kepada kita semua terhadap capaian indikator kinerja kita tahun sebelumnya agar menjadi perhatian bagi kita ke depan” ujarnya.
Dalam forum ini disampaikan pula tentang persentase laju pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, ketenaga-kerjaan serta stunting di wilayah Kabupaten Buol. “pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Buol berada di angka 4,88% dan tahun 2022 mengalami penurunan menjadi 3,66%. Selanjutnya untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2021 sebesar 68,25% dan pada tahun 2022 mengalami peningkatan menjadi 68,72%. Kemudian terkait masalah kemiskinan pada tahun 2021 adalah sebesar 14,06% dan pada tahun 2022 menurun menjadi 14,85%. Untuk tingkat pengangguran terbuka, tahun 2021 berada pada angka 3,63% dan pada tahun 2022 mengalami penurunan menjadi 3,07%. Untuk permasalahan stunting, Kabupaten Buol pada tahun 2021 berada pada angka 28,6% dan tahun 2022 naik menjadi 32,7%” paparnya.
Ketua DPRD Kabupaten Buol, Srikandi Batalipu, S.Sos., M.AP dalam pidatonya menyampaikan aspirasi masyarakat yang tertuang dalam pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Buol, sebagaimana yang telah diinput ke dalam SIPD yang setidaknya berjumlah sekitar 882 usulan.
Adapun pokok-pokok pikiran tersebut terdiri dalam berbagai bidang, diantaranya: bidang UKM, kesra, pekerjaan umum, perumahan, pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, bencana, pemuda dan pariwisata, perhubungan, ketahanan pangan dan pertanian, perikanan, serta bidang lainnya yang mendukung program pembangunan dan masyarakat Kabupaten Buol. “Dari semua usulan dimaksud, tentunya dengan melihat prioritas-prioritas Nasional, terutama dalam mendukung penanganan stunting, penurunan angka kemiskinan dan pelayanan kepada masyarakat” paparnya.
Forum ini dihadiri pula oleh Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Buol, Forkopimda, Sekretaris Daerah, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para pimpinan OPD, para Camat, Lurah dan Kepala Desa, pimpinan parpol, tokoh masyarakat serta pers.
Redaksi
Example 120x600